MENGENAL DAN MENERAPKANMETODE DISKUSI (DISCUSSION METHODS)
Kegiatan diskusi dapat dilakukan dalam kelompok kecil (3-7 siswa), kelompok sedang (8-12 siswa), dan kelompok besar (13-40 siswa) ataupun diskusi kelas.
Karakteristik Metode Diskusi:
- Bahan pelajaran dikemukakan dengan topik permasalahan yang akan merangsang siswa menyelesakan permasalahan tersebut
- Membentuk kelompok yang terdiri dari beberapa orang siswa untuk menyelesaikan permasalahan
- Kelancaran diskusi ditentukan oleh moderator
- Semua siswa sebagai anggota kelompok dalam diskusi mengarah pada pendapat/kesimpulan bersama
- Guru sebagai pembimbing, fasilisator, dan motivator.
Kemampuan yang harus dimiliki oleh guru dan siswa untuk mengoptimalkan metode diskusi
1. Kemampuan yang harus dimiliki guru:
1. Kemampuan yang harus dimiliki guru:
- Mampu merumuskan permasalahan yang akan diselesaikan oleh siswa
- Mampu membimbing siswa untuk merumuskan/mengidentifikasi permasalahan serta menarik kesimpulan
- Mampu membagi siswa ke dalam kelompok sesuai dengan kebutuhan permasalahan dan pengembangan kemampuan siswa
- Mampu mengelola pembelajaran dengan baik.
2. Kemampuan yang harus dimiliki siswa:
- Memiliki motivasi, perhatian, dan minat dalam berdiskusi kelompok
- Mampu mengikuti dan melaksanakan diskusi dengan baik
- Mampu menerapkan belajar bersama teman sekelompok
- Mampu memunculkan ide dan pendapat masing-masing
- Mampu memahami dan menghargai pendapat orang lain.
Prosedur Metode diskusi
Tahap persiapan
-Memberitahukan tujuan/kompetensi yang akan dicapai setelah proses diskusi berakhir
-Membagi siswa ke dalam beberapa kelompok sesuai dengan kebutuhan
-Menjelaskan tahapan kegiatan yang akan dilalui siswa.
Tahap persiapan
-Memberitahukan tujuan/kompetensi yang akan dicapai setelah proses diskusi berakhir
-Membagi siswa ke dalam beberapa kelompok sesuai dengan kebutuhan
-Menjelaskan tahapan kegiatan yang akan dilalui siswa.
Kegiatan inti
-Merumuskan masalah berdasarkan topik pembahasan dan tujuan pembelajaran
-Mengidentifikasi masalah/sub masalah berdasarkan permasalahan yang telah dirumuskan
-Analisis masalah berdasarkan sub masalah
-Menyusun laporan oleh masing-masing kelompok
-Presentasi hasil diskusi kelompok melalui diskusi kelas.
-Merumuskan masalah berdasarkan topik pembahasan dan tujuan pembelajaran
-Mengidentifikasi masalah/sub masalah berdasarkan permasalahan yang telah dirumuskan
-Analisis masalah berdasarkan sub masalah
-Menyusun laporan oleh masing-masing kelompok
-Presentasi hasil diskusi kelompok melalui diskusi kelas.
Kegiatan Penutup
-Melaksanakan penguatan pemahaman konsep dan prinsip yang diperoleh dari keseluruhan pendapat siswa
-Menyimpulkan hasil diskusi berdasarkan rumusan masalah/submasalah
-Melaksanakan penguatan pemahaman konsep dan prinsip yang diperoleh dari keseluruhan pendapat siswa
-Menyimpulkan hasil diskusi berdasarkan rumusan masalah/submasalah
Keunggulan Metode Diskusi
- Saling bertukar pikiran antar siswa sehingga memperluas wawasannya
- Merangsang kreativitas siswa untuk memunculkan ide/pendapat dalam memecahkan suatu masalah
- Menumbuhkan rasa tanggung jawab
- Menigkatkan kemampuan berkomunikasi
- Mengembangkan sikap menghargai pendapat orang lain
- Memberikan kesempatan belajar menjadi lebih aktif
Kelemahan Metode Diskusi
- Relatif memerlukan waktu yang cukup banyak
- Apabila siswa tidak memahami konsep dasar permasalahan maka diskusi menjadi tidak efektif
- Pada umumnya diskusi akan dikuasai oleh siswa yang suka berbicara atau ingin menonjolkan diri
- Tidak semua topik dapat dijadikan bahan diskusi, hanya hal-hal yang bersifat problematis saja yang dapat didiskusikan
- Tidak semua guru memahami cara siswa melakukan diskusi
Posting Komentar