WELCOME TO MY GALLERY
Browse »Home » » Menjalankan METODE DISKUSI (DISCUSSION METHODS)

Menjalankan METODE DISKUSI (DISCUSSION METHODS)

MENGENAL DAN MENERAPKANMETODE DISKUSI (DISCUSSION METHODS)

Kegiatan diskusi dapat dilakukan dalam kelompok kecil (3-7 siswa), kelompok sedang (8-12 siswa), dan kelompok besar (13-40 siswa) ataupun diskusi kelas.
Karakteristik Metode Diskusi:
  • Bahan pelajaran dikemukakan dengan topik permasalahan yang akan merangsang siswa menyelesakan permasalahan tersebut
  • Membentuk kelompok yang terdiri dari beberapa orang siswa untuk menyelesaikan permasalahan
  • Kelancaran diskusi ditentukan oleh moderator
  • Semua siswa sebagai anggota kelompok dalam diskusi mengarah pada pendapat/kesimpulan bersama
  • Guru sebagai pembimbing, fasilisator, dan motivator.
Kemampuan yang harus dimiliki oleh guru dan siswa untuk mengoptimalkan metode diskusi 
1. Kemampuan yang harus dimiliki guru:
  • Mampu merumuskan permasalahan yang akan diselesaikan oleh siswa
  • Mampu membimbing siswa untuk merumuskan/mengidentifikasi permasalahan serta menarik kesimpulan
  • Mampu membagi siswa ke dalam kelompok sesuai dengan kebutuhan permasalahan dan pengembangan kemampuan siswa
  • Mampu mengelola pembelajaran dengan baik.
2. Kemampuan yang harus dimiliki siswa:
  • Memiliki motivasi, perhatian, dan minat dalam berdiskusi kelompok
  • Mampu mengikuti dan melaksanakan diskusi dengan baik
  • Mampu menerapkan belajar bersama teman sekelompok
  • Mampu memunculkan ide dan pendapat masing-masing
  • Mampu memahami dan menghargai pendapat orang lain.
Prosedur Metode diskusi
Tahap persiapan
-Memberitahukan tujuan/kompetensi yang akan dicapai setelah proses diskusi berakhir
-Membagi siswa ke dalam beberapa kelompok sesuai dengan kebutuhan
-Menjelaskan tahapan kegiatan yang akan dilalui siswa.
Kegiatan inti
-Merumuskan masalah berdasarkan topik pembahasan dan tujuan pembelajaran
-Mengidentifikasi masalah/sub masalah berdasarkan permasalahan yang telah dirumuskan
-Analisis masalah berdasarkan sub masalah
-Menyusun laporan oleh masing-masing kelompok
-Presentasi hasil diskusi kelompok melalui diskusi kelas.
Kegiatan Penutup
-Melaksanakan penguatan pemahaman konsep dan prinsip yang diperoleh dari keseluruhan pendapat siswa
-Menyimpulkan hasil diskusi berdasarkan rumusan masalah/submasalah
Keunggulan Metode Diskusi
  • Saling bertukar pikiran antar siswa sehingga memperluas wawasannya
  • Merangsang kreativitas siswa untuk memunculkan ide/pendapat dalam memecahkan suatu masalah
  • Menumbuhkan rasa tanggung jawab
  • Menigkatkan kemampuan berkomunikasi
  • Mengembangkan sikap menghargai pendapat orang lain
  • Memberikan kesempatan belajar menjadi lebih aktif
Kelemahan Metode Diskusi
  • Relatif memerlukan waktu yang cukup banyak
  • Apabila siswa tidak memahami konsep dasar permasalahan maka diskusi menjadi tidak efektif
  • Pada umumnya diskusi akan dikuasai oleh siswa yang suka berbicara atau ingin menonjolkan diri
  • Tidak semua topik dapat dijadikan bahan diskusi, hanya hal-hal yang bersifat problematis saja yang dapat didiskusikan
  • Tidak semua guru memahami cara siswa melakukan diskusi
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Posting Komentar

 
Kerangka Template by creating website » Template modify by panjz online