WELCOME TO MY GALLERY
Browse »Home » » Menerapkan METODE DEMONSTRASI (DEMONSTRATION METHODS)

Menerapkan METODE DEMONSTRASI (DEMONSTRATION METHODS)

MENGENAL DAN MENERAPKANMETODE DEMONSTRASI (DEMONSTRATION METHODS)

Mengapa demonstrasi perlu dilakukan?
  • Mengonkretkan suatu konsep yang abstrak
  • Melatih cara menggunakan prosedur secara tepat
  • Membuktikan bahwa alat dan prosedur tersebut dapat digunakan.
Karakteristik Metode Demonstrasi:
  • Membelajarkan siswa dalam penguasaan prosedur tertentu
  • Situasi yang digunakan adalah objek yang sebenarnya
  • Selain guru, nara sumber lain juga dapat dijadikan model.
Langkah-langkah metode demonstrasi:
  • Merumuskan tujuan yang akan dicapai siswa setelah proses demonstrasi berakhir
  • Mempersiapkan peralatan yang akan digunakan dalam demonstrasi
  • Mempersiapkan garis besar langkah-langkah demonstrasi yang akan dilakukan
  • Menjelaskan kepada siswa tentang topik yang akan didemonstrasikan
  • Melakukan demonstrasi yang akan dilihat dan ditirukan siswa
  • Penguatan melalui diskusi, tanya jawab, dan latihan
  • Kesimpulan dari demonstrasi yang telah dilakukan.
Kemampuan guru dan siswa yang harus dimiliki agar demonstrasi berjalan dengan baik.
Kemampuan guru:
  • Menguasai materi, langkah-langkah, dan proses pelaksanaan demonstrasi
  • Mampu dan menguasai kelas secara menyeluruh
  • Mampu menggunakan peralatan demonstrasi
  • Mampu melakukan penilaian proses
Kemampuan siswa:
  • Tertarik/termotivasi dengan topik demonstrasi
  • Memahami tujuan demonstrasi
  • Mampu mengamati proses demonstrasi.
Keunggulan metode demonstrasi:
  • Dapat memusatkan perhatian siswa
  • Siswa dapat memahami materi pelajaran sesuai dengan objek yang sebenarnya
  • Mengembangkan rasa ingin tahu siswa
  • Dapat melakukan pekerjaan berdasarkan proses yang sistematis
  • Masalah atau pertanyaan pada diri siswa dapat terjawab melalui pengamatan langsung saat proses demonstrasi dilaksanakan.
Kelemahan metode demonstrasi:
  • Kurang sesuai untuk jumlah siswa yang terlalu banyak
  • Hanya menimbulkan cara berfikir konkret
  • Tidak semua hal dapat didemonstrasikan di dalam kelas
  • Terkadang terjadi, proses yang didemonstrasikan di dalam kelas berlainan dengan situasi yang sebenarnya di luar kelas
  • Memerlukan waktu yang relatif lama
  • Memerlukan biaya.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Posting Komentar

 
Kerangka Template by creating website » Template modify by panjz online